Minggu, 01 November 2020

 

Perawatan Genset

Siapa yang tidak kenal dengan genset? Genset atau generator set menjadi salah satu alat yang digunakan untuk menopang daya tahan listrik yang lebih banyak. Sudah banyak rumah-rumah yang menggunakan genset ketika rumah sedang mengalami mati listrik. Tidak hanya rumah-rumah saja, bahkan perusahaan, ruko, kantor, ataupun instansi pemerintah juga memanfaatkan alat ini agar dapat menambah daya listrik serta mempersiapkan diri ketika mati listrik. Pasalnya, apabila mati listrik ketika sedang bekerja maka akan berakibat fatal bagi kegiatan produksi dari perusahaan ataupun kantor.

Nah, saat ini sudah banyak yang membeli dan menggunakan alat ini sebagai keperluan darurat. Akan tetapi, masih banyak yang belum tahu bagaimana perawatan genset terbaik supaya awet dan tahan lama. Pasalnya, tidak sembarangan untuk merawatnya.

Agar tidak salah dalam merawatnya, dalam artikel ini akan memberikan beberapa tips ampuh dalam perawatan genset:

1. Bersihkan genset secara rutin

Jangan lupa untuk selalu membersihkan genset secara rutin. Ketika ada kotoran seperti debu, minyak, air, ataupun kotoran lainnya sebaiknya segera dibersihkan.

Bagian terpenting yang harus dibersihkan adalah radiator genset. Hal ini dilakukan agar menjaga performa genset masih optimal dan bagus, bahkan dalam jangka waktu panjang.

2. Perhatikan bahan bakar genset

Pastikan bahan bakar genset yang digunakan sudah pas dan tidak terlalu sedikit. Sebab, apabila terlalu sedikit akan berpengaruh kepada performa genset. Sebaiknya, langsung isi ketika bahan bakar sudah mau habis.

3. Gunakan jasa operator genset

Jika tidak ingin repot, sebaiknya kamu menyewa layanan jasa operator genset untuk merawat gensetmu secara teratur. Dengan menggunakan layanan jasa tersebut, dipastikan genset akan memiliki performa yang baik serta optimal untuk jangka waktu panjang. Akan tetapi, perhatikan penyedia layanannya, pastikan perusahaan yang menyediakan jasa tersebut memiliki kualitas yang terbaik.

Nah, sebagai rekomendasi, kamu bisa menggunakan jasa dari Sewatama. Sewatama merupakan perusahaan yang menyediakan service dan sewa genset dengan kualitas terbaik secara menyeluruh. Itu dia tiga tips yang bisa kamu lakukan untuk perawatan genset agar tetap tahan lama saat dipakai.