Sabtu, 27 Juni 2020


5 Cara Tepat Merawat Warna Rambut Highlight

Mungkin Anda masih kurang percaya diri untuk mewarnai rambut secara keseluruhan, namun bosan dengan tampilan rambut berwarna hitam. Ada baiknya Anda mencoba memberi warna rambut dengan teknik highlight. Lagi pula perawatan rambut highlight cenderung lebih mudah dibandingkan Anda mengecat seluruh rambut. Agar warna rambut highlight Anda tetap maksimal, pastikan Anda tahu betul cara perawatannya.

Merawat Rambut Highlight

Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda terapkan untuk merawat rambut.

1. Memilih produk shampo khusus rambut diwarnai

Supaya rambut berwarna Anda tidak rusak, maka pastikan produk perawatan rambut yang tepat. Anda harus memilih jenis shampo yang memiliki formula khusus rambut berwarna sebagai perawatan ekstra.

Pasalnya, kesalahan memilih sampo bisa berdampak pada kerusakan rambut berwarna Anda yang menjadi lebih kering, kusam, bercabang, dan lain-lain. Jangan lupa untuk mengusapkan kondisioner setelah keramas agar bagian yang tidak highlight tampak sehat dan berkilau.

2. Menjaga kelembaban rambut

Cara merawat rambut yang di-highlight adalah menjaga tingkat kelembaban rambut. Rambut yang diwarnai akan kehilangan kelembaban sehingga Anda harus menjaga rambut tetap berkilau dengan rutin memakai masker. Anda bisa memakai masker rambut alami atau membeli produk masker rambut di pasaran seminggu sekali, ya!

Ada beberapa rekomendasi masker rambut dari bahan alami yang bisa Anda coba aplikasikan pada rambut berwarna. Anda bisa menggunakan bahan cuka, minyak zaitun, teh chamomile, pisang, madu, kopi, mayonnaise, dan wortel.

Bahan alami yang murah meriah namun efektif menjaga kilau rambut berwarna tetap sehat dan terawat. Ketahui cara pembuatan dan penggunaan agar hasil masker alami bisa membuat rambut berwarna Anda benar-benar optimal, ya!

3. Meminimalisir penggunaan alat elektronik untuk rambut

Anda suka menata rambut dengan hair dryer, catok atau pengeriting rambut elektronik? Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan peralatan yang membuat kerusakan pada rambut yang diwarnai.

Temperatur panas bisa membuat rambut highlight Anda menjadi lebih kusam, rusak, rapuh, dan rentan patah. Selain itu, Anda harus menggunakan sisir yang bagus agar tidak memberikan tekanan kuat yang bisa merusak rambut berwarna.

4. Memangkas rambut

Langkah yang tepat dalam merawat rambut adalah memotong bagian-bagian yang cenderung bermasalah seperti bercabang atau mudah patah. Tidak harus langsung memotong sampai pendek, Anda yang suka rambut panjang bisa melakukan pemotongan rutin setidaknya kurun waktu 8-10 minggu.

5. Melindungi rambut

Warna rambut highlight Anda bakal mudah pudar atau rusak kalau tidak dilindungi secara optimal. Anda harus tahu bahwa musuh rambut highlight adalah kolam renang, air laut dan panas sinar matahari. Kalau Anda memang hendak pergi keluar atau bekerja di bawah paparan sinar matahari, pastikan untuk memakai tutup kepala.

Selain itu, Anda bisa mengoleskan kondisioner pada rambut yang sudah dibasahi air bersih lebih dulu sebelum masuk kolam renang. Mengikat rambut agak tinggi dengan model sanggul atau high bun bisa meminimalisir risiko kerusakan rambut lebih parah saat berenang atau bermain di bibir pantai. Anda tetap bisa tampil kece dengan aktivitas berenang tanpa khawatir rambut highlight menjadi lebih kusam dan bercabang.

Tips atau cara merawat rambut highlight di atas bisa Anda coba sendiri di rumah, ya! Mau tampil cantik dan menawan dengan rambut berwarna yang menarik, kenapa tidak? Pastikan Anda membeli produk sampo dan kondisioner yang bisa menjaga kilau warna rambut highlight tetap maksimal. Salah pilih produk bisa membuat kerusakan rambut berwarna lebih parah dibandingkan dengan rambut alami, lho! Yuk, tampil beda dengan pilihan warna yang anti mainstream tanpa takut rambut rusak!