Sabtu, 16 Mei 2020


Anti Gagal, Yuk Simak 5 Cara Mengusir Kelelawar Agar Tidak Mampir Rumah

Kelelawar adalah salah makhluk yang bisa tinggal di dalam gua yang gelap dan jauh dari perkotaan. Namun anda tentunya kerap menemui kelelawar yang tinggal di sebuah gedung atau di sebuah rumah. Kelelawar yang biasa bersarang di rumah anda biasanya adalah kelelawar yang suka makan buah dan tidak melukai manusia. Meskipun begitu kenyamanan anda tentu akan terusik bukan ? Oleh karenanya yuk simak cara mengusir kelelawar berikut.

Tips Ampuh Untuk Mengusir Kelelawar

1. Meningkatkan Penerangan di Malam Hari

Cara untuk mengusir kelelawar dari rumah adalah dengan meningkatkan penerangan rumah ketika malam hari. Anda tentu tahu jika kelelawar adalah makshluk nocturnal yang biasa hidup di malam hari. Mereka tidak sudak dengan cahaya yang terlalu menyialukan, oleh karenannya taruhlah beberapa lampu tambahan di area gelap seperti atap dan juga halaman. Nyalakan lampu tersebut ketika cahaya matahari meredup dan haris mulai gelap.

2. Menggunakan Terasi

Selain tidak menyukai cahaya, ternyata kelelawar juga tidak tahan dengan bau yang menyengat. Salah satu bahan dengan aroma kuat yang bisa digunakan untuk mengusir kelelawar adalah terasi. Cara ini juga dinilai mudah dan juga ramah untuk dilakukan. Caranya adalah dengan menempatkan beberapa potong terasi di tempat sarang kelelawar, dijamin tak berapa lama kemudian kelelawar akan minggat dari rumah anda.

Selain menggunakan bahan terasi, cara mengusir kelelawar bisa menggunakan semprotan pembasmi serangga untuk mengusir kelelawar. Semprotkan pembasmi tersebut ke ranting pohon beberapa kali dalam sehari. Wangi yang dihasilkan dari semprotan pembasmi ini akan sangat menyengat sehingga membuat kelelawar tidak akan betah berlama lama di rumah anda.

3. Panen Buah yang Sudah Matang

Kelelawar yang biasa hinggap di rumah adalah jenis kelelawar pemakan buah. Jadi untuk mengusirnya anda harus memanen semua jenis buah matang yang ada di pekarangan anda. Kelelawar akan datang karena adanya aroma wangi dari buah tersebut. Untuk itu segera panen buah buah yang matang agar tidak mengundang kelelawar datang. Jangan lupa untuk memotong ranting dan dahan pohon tersebut agar tidak ada kelelawar yang bersarang.

4. Tutup Atap Bolong

Cara mengusir kelelawar yang ampuh untuk bisa mengurangi jumlah kelelawar di rumah anda adalah dengan segera menutup atap rumah yang bolong. Anda tentu sering melihat banyak kelelawar yang menjadikan atap bolong sebagai tempat tinggalnya. Hal ini karena kelelawar sangat menyukai tempat yang gelap dan juga lembab.  

Saat kelelawar menemukan celak masuk ke atap, ia pun tanpa ragu akan masuk dan berdiam di dalamnya. Oleh karenanya agar bisa mengusir kelelawar dari rumah anda, lakukan pengecekan bagian atap rumah anda serta sudut sudut lainnya yang bercelah. Jika ada lubang yang menganga maka segera lakukan perbaikan. Cara ini akan menghalau hewan tersebut untuk berdiam di dalam rumah.

5. Menggunakan Fenol

Pemakaian fenol ternyata dapat mengusi rbauk kotoran kelelawar yang sangat menusuk hidup. Gunakanlah fenol putih yang kemudian dimasukkan ke dalam botol dan mulai semprotkan ke seluruh tempat kelelawar bersarang. Cara mengusir kelelawar yang terbaik menggunakan fenol adalah menyemprotkannya sampai bau menjadi sangat kuat.

Itulah beberapa cara ampuh yang bisa anda lakukan di rumah untuk mengusir keleawar. Dengan melakukan satu dari banyak cara tersebut, mengusir kelelawarkan pun akan mudah untuk dilakukan. Anda bisa memastikan jika rumah jauh dari buah buahan yang matang sehingga kelelawar tidak akan mampir ke rumah anda.