Kamis, 19 Maret 2020


Punya Bisnis Kelontong? Inilah 4 Manfaat Jika Bergabung Dengan Komunitas

Pada umumnya, orang-orang yang memiliki hobi yang sama atau memiliki kepentingan yang sama biasa tergabung di sebuah komunitas. Komunitas membuat orang-orang yang memiliki fokus atau hobi serupa bisa saling berkumpul dan berbaur. Ada banyak komunitas-komunitas yang telah dibuat oleh orang-orang yang memiliki kesamaan visi. Salah satunya adalah komunitas toko kelontong.

Toko kelontong sendiri merupakan toko yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari. Usaha toko kelontong biasanya bersifat UKM atau usaha kecil menengah. Lalu, apa manfaatnya bagi UKM semacam toko kelontong untuk tergabung dalam sebuah komunitas? Bagi Anda pemilik usaha toko kelontong, mungkin Anda perlu mempelajari terlebih dahulu apa saja manfaatnya ketika seseorang tergabung dalam sebuah komunitas yang sesuai dengan minat atau fokusnya. Beberapa di antaranya adalah:

1. Saling bertukar informasi antar anggota

Ketika Anda bergabung dengan sebuah komunitas, Anda akan mudah bertemu dengan orang-orang yang memiliki pemikiran yang sama. Anda akan memiliki teman mengobrol dan pendengar yang saling mengerti satu sama lain karena Anda memiliki fokus atau minat yang sama. Dengan ini, Anda bisa saling bertukar informasi yang dibutuhkan. Di komunitas ini Anda tentu bisa bertukar info agar bisa membuat toko Anda lebih berkembang.

2. Membawa energi dan semangat positif

Ketika Anda berada di lingkungan orang-orang yang memiliki visi dan tujuan yang sama, Anda bisa merasakan energi dan semangat positif yang saling menular. Mendapat suntikan semangat yang positif dari orang lain tentu menjadi hal yang menyenangkan. Energi dan semangat ini juga penting bagi Anda karena bisnis yang sukses tentu berawal dari semangat positif si pemiliknya.

3. Mendapat pelatihan dan pembinaan

Sebuah perkumpulan atau komunitas biasanya rutin menggelar sebuah kegiatan semacam pelatihan atau pembinaan bagi para anggotanya. Kegiatan pelatihan semacam ini akan membuat anggota mendapat ilmu dan pengalaman baru. Begitu pula pelatihan-pelatihan dan pembinaan di komunitas toko kelontong. Anda bisa mendapat berbagai pelatihan dan pembinaan supaya bisnis toko kelontong yang Anda miliki bisa lebih berkembang.

4. Memperkuat usaha atau bisnis

Peribahasa “bersatu kita teguh bercerai kita runtuh” mungkin sudah sering Anda dengar. Ini juga merupakan salah satu fungsi komunitas, yaitu untuk menguatkan apa yang menjadi fokus atau minat mereka. Begitu pula dengan komunitas toko kelontong.

Di era ini, bisnis toko kelontong yang kebanyakan merupakan usaha mikro harus bersaing keras dengan bisnis toko lain, seperti minimarket atau bahkan toko online. Untuk itulah diperlukan wadah agar para pebisnis toko kelontong bisa berkumpul dan saling bertukar ide untuk terus menguatkan bisnis toko kelontong.

Bergabung dengan komunitas memang bisa memberi banyak keuntungan. Bagi para anggota komunitas toko kelontong misalnya, bergabung dengan komunitas merupakan salah satu cara dan sarana untuk terus bisa mengembangkan bisnis toko kelontong yang mereka miliki agar bisa tetap maju dan bertahan di antara gempuran persaingan.