Minggu, 29 Maret 2020


Makanan Khas Sumatera Utara yang Enak untuk Oleh-Oleh

Sumatera Utara khususnya Medan menjadi kota yang banyak dikunjungi karena berbagai tempat wisata. Anda yang datang ke Sumatera Utara tentu jangan sampai melewatkan makanan khasnya yang lezat. Berikut makanan khas Sumatera Utara yang enak untuk oleh-oleh.

1.      Bika Ambon

Bika Ambon sebuah kue yang terbuat dari adonan santan, gula, tepung, dan kuning telur. Pembuatan kue ini khas dengan adanya fermentasi yang ditambah air nira dari kelapa. Cara pembuatan Bika Ambon inilah yang menjadi khas dari Sumatera Utara. Anda tidak salah pilih untuk menjadikannya oleh-oleh untuk dibawa pulang.

2.      Lemang

Makanan khas yang juga harus Anda coba adalah lemang yang dibuat dari beras ketan dan dicampur santan. Lemang dibuat dengan bamboo yang terlebih dahulu nasi ketannya dibungkus menggunakan daun pisang. Khasnya lemang dari Sumatera Utara dibuat dengan cara membakarnya yang diposisikan tegak kea rah bara api.

Lemang dari Sumatera Utara ini dimakan dengan berbagai macam tambahan lauk. Kebiasaan makan lemang yang perlu Anda coba dari Sumatera Utara adalah memakannya dengan tambahan lauk atau dimakan dengan durian. Lemang bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh sepulang dari Kota Medan, Sumatera Utara.

3.      Tempe Medan

Tempe memang bisa ditemukan di mana saja, tetapi tempe khas dari Medan memiliki ciri khas tersendiri. Tempe dari Sumatera Utara ini bentuknya oval yang memanjang dengan warna kekuningan dan berukuran agak besar. Rasanya juga berbeda dengan tempe yang ada di daerah Anda sehingga tempe ini bisa dijadikan oleh-oleh.  

4.      Teri Medan

Makanan khas Sumatera Utara yang wajib dicoba adalah Teri Medan. Anda bisa memakannya sebagai menu makan siang setelah mengunjungi tempat wisata. Bentuk terinya berwarna putih dan kecil-kecil yang khas dimasak dengan menggunakan sambal kacang.

Rasanya membuat Anda ketagihan apa lagi dinikmati dengan nasi panas. Asyiknya Teri khas Sumatera Utara ini bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Anda bisa memilih Teri yang sudah dimasak dengan sambal kacang atau pun teri mentah. Harganya juga tidak terlalu mahal dan bisa dibawa dalam jumlah banyak.

5.      Kue Ombus-Ombus

Ada pula makanan yang namanya kue Ombus-Ombus dengan bahan dasarnya adalah tepung beras dicampur gula merah sebagai intinya. Kue Ombus-Ombus dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan dikukus.

Anda bisa menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh jika melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi udara. Sebab kue Ombus-Ombus hanya tahan satu hari saja. Jadi cara membawanya dengan memasukkan ke dalam wadah bertutup agar tidak terkena panas dan membuatnya menjadi lebih tahan lama.

6.      Mie Gomak

Mie Gomak adalah jenis mie yang banyak dijadikan olahan makanan di Sumatera Utara. Mie ini memang jenis mie yang disukai penduduknya. Anda yang datang ke Sumatera Utara akan menemukan mie gomak yang dijadikan mie saat makan lontong, nasi uduk, atau dijadikan mie goreng.

Mie gomak ini juga tersedia yang mentahnya untuk bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Bisa disesuaikan cara memasak mie gomak dengan bumbu yang diinginkan. Ukuran mie gomak ini lebih besar dari mie pada umumnya dan warnanya kuning ke orenan. Harga mie gomak ini juga tidak mahal sehingga bisa dibawa dalam jumlah banyak.

Beberapa makanan khas Sumatera Utara ini bisa Anda pilih mana yang ingin dijadikan oleh-oleh. Semua makanan di atas harganya sangat terjangkau dan rasanya tidak diragukan lagi. Anda bisa juga mencoba makanan khas daerah tersebut langsung di tempat seperti ikan arsik atau masakan lainnya.
sumber.