Rabu, 23 Oktober 2019

Kapan Waktu yang Tepat Mendaftarkan Les Anak?


Kapan Waktu yang Tepat Mendaftarkan Les Anak?

Perkembangan jaman membuat persaingan semakin ketat, yang mungkin akan membuat orang tua sedikit mengkhawatirkan kemampuan anak. Les anak bisa jadi salah satu cara yang dipilih orang tua dalam meningkatkan kemampuan anak. Namun,  sebelum mendaftarkan anak les, sebaiknya pahami terlebih dahulu kapan waktu yang tepat anak siap mengkuti les berikut ini.

Usia

Usia menjadi faktor utama dalam menentukan kapan waktu yang tepat anak bisa mengikut les. Menurut guru pendidikan spesial Toronto, Cherie Carter, orang tua perlu membiarkan ana usia balita belajar sesuai kemampuannya dan menuggu hingga anak menginjak kelas 3 SD untuk mulai memberikan les akademis.

Orang tua harus paham bahwa les akademis tidak serta-merta membuat anak menjadi pintar dan memiliki nilai akademis yang bagus. Justru, jika terlalu keras, hasil yang didapatkan justru sebaliknya, anak bisa menjadi stres dan tidak bersemangat belajar.

Berbeda dengan les keterampilan bakat, seperti les gambar, musik, seni atau olahraga, les bisa dimulai pada usia yang lebih muda. Menurut Maria Herlina Limyati, M.Si, Psi, seorang psikolog, les bakat bisa dimuli sejak anak berusia 4—5 tahun.

Tujuan

Les haruslah ditujukan untuk mengembangkan bakat, bukan hanya sekadar mengisi waktu luang atau bahkan sekadar ikut-ikutan. Sebelum mendaftarkan anak les, Anda sebagai orang tua harus mempertimbangkan terlebih dahulu tujuannya. Pasalnya, bila si kecil terlalu sibuk dengan lesnya, waktu berkumpul dengan keluarga serta bermainnya akan berkurang atau bahkan hilang.

Minat dan Bakat

Jika tujuan les adalah untuk mengembangkan bakat dan minat anak, tentu boleh saja. Namun, hal selanjutnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah minat dan bakat yang dimiliki si kecil dan bidang les yang hendak diambil. Sehingga waktu anak tidak terbuang percuma untuk mengikut berbagai macam les.

Minat dan bakat anak bisa Anda lihat dari ketertarikan di kecil akan suatu hal. Anda bisa mengajak si kecil melakan berbagai kegiatan atau membelikan berbagai mainan dengan jenis yang berbeda, seperti buku gambar, mengajak anak menari, alat musik, berolahraga dan lain sebagainya.

Jika si kecil terlihat senang dan antusias melakukan hal tersebut secara konsisten, barulah Anda bisa mendaftarkan les anak. Namun, pertimbangkan juga bidang apa yang hendak Anda ambil. Misal, si kecil senang membuat gambar bergerak, les gambar animasi 3D bisa Anda pilih, atau si kecil senang menggambar dan bermain game, les design game pasti cocok untuk si kecil.

Kesiapan Anak

Waktu yang tepat untuk mendaftarkana anak les, tentu ketika anak telah siap. Kesiapan dalam hal ini adalah kesiapan waktu dan kemampuan dasar anak. Mengikuti les tentu akan menyita waktu dan tenaga si anak. Minat anak akan tumbuh dengan sendirinya tanpa perlu paksaan, dan di saat inilah anak sudah siap mengikuti les sesuai minatnya.

Kenali pula kondisi dan kemampuan dasar anak sebelum mendaftarkan les. Misal, Anda ingin mendaftarkan anak les gambar, tentu Anda harus memikirkan apakah si kecil sudah bisa memegang alat tulis dengan baik, serta kesiapan anak mengikuti kelas dengan anak lainnya. Pertimbangkan juga kemampuan anak dalam menjalani aktivitas, jangan sampai anak kelelahan. 

Kesiapan Finansial

Mengikuti les tentu memerlukan biaya ekstra, oleh karenanya pertimbangkan finansial juga penting dalam menentukan kapan Anda bisa mendaftarkan si kecil les. Jangan sampai, ketika si kecil sedang dalam tahap berkembang dan ketertarikannya sedang tinggi, ia harus berhenti les karena masalah finansial.

Demikian beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan waktu yang tepat mendaftarkan les anak. Pemilihan tempat les juga penting, pilihlah tempat les dengan pengajar profesional dan metode belajar yang menyenangkan seperti di ESDA (Enspire School of Digital Art), yang menawarkan les gambar digital 3D, mulai dari animasi 3D hingga visual efek.