Selasa, 24 September 2019

5 Cara Mudah Hilangkan Komedo yang Ada di Hidung

5 Cara Mudah Hilangkan Komedo yang Ada di Hidung

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang mendapatkan perhatian khusus. Terlebih lagi, wajah merupakan hal pertama yang akan dilihat ketika Anda bertemu dengan orang lain. Oleh sebab itu, tidak heran jika sedang mengalami masalah pada wajah kepercayaan diri seseorang dapat turun karena merasa penampilannya tidak maksimal. Gangguan umum yang paling sering terjadi selain jerawat adalah komedo di hidung. Meskipun terkesan sepele, namun benjolan atau papula kecil tersebut dapat mempengaruhi hasil riasan dan menimbulkan rasa tidak nyaman sepanjang hari.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan benjolan kecil tersebut muncul di area sekitar hidung, seperti menggunakan produk wajah yang tidak cocok karena terlalu banyak bahan kimia, kondisi kulit yang terlalu kering maupun terjadinya penumpukan sel kulit mati yang tidak pernah dibersihkan. Umumnya jenis benjolan atau papula kecil tersebut terbagi menjadi dua, yaitu:

Berwarna putih, dimana benjolan menjadi tidak terlalu nampak, namun dapat ditemukan dengan cara menekan pada bagian era sekitar hidung atau kulit yang terdapat benjolan kecil tersebut.

Berwarna hitam, kondisi ini terjadi karena benjolan kecil tersebut terbuka dan folikel rambut yang membesar tertutup oleh sebum sehingga tampak hitam dan seperti pori-pori yang membesar saat dilihat.

Jenis benjolan kecil berwarna hitam pada area hidung ini yang di nilai sangat menganggu penampilan dan terlihat cukup jelas dalam jarak tertentu. Bahkan, seseorang rela melakukan berbagai treatment perawatan mahal, agar dapat menghilangkan komedo dengan cepat. Padahal, sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan benjolan kecil hitam di sekitar hidung dengan 5 bahan alami berikut ini, antara lain:

1. Air hangat.

Masaklah air hangat sampai mengeluarkan uap, kemudian Anda dapat menuangkannya ke dalam wadah dan hadapkan wajah pada uap tersebut. Secara perlahan, pori-pori wajah akan terbuka sehingga kotoran yang terdapat didalam dapat segera keluar. Anda dapat menggunakan alat khusus untuk mengeluarkan kotoran didalam pori yang saat ini sudah banyak dijual di toko kosmetik.

2. Pasta gigi.

Selain ampuh digunakan untuk membersihkan gigi dan mulut, siapa sangka pasta gigi juga ampuh digunakan untuk menghaluskan wajah dan membersihkan dari berbagai kotoran yang terdapat didalam pori. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memilih pasta gigi herbal, dan menggunakannya sebagai masker selama 15 menit kemudian bilas sampai bersih.

3. Baking soda.

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya baking soda memiliki banyak manfaat baik untuk wajah diantaranya dapat mengelupas sel kulit mati, mengatur produksi minyak, dan membantu kadar Ph agar tetap seimbang dengan cara membuatnya menjadi masker.

4. Tepung gandum.

Bahan alami yang satu ini terbukti mampu membersihkan kotoran yang ada di wajah. Caranya juga terbilang mudah, Anda hanya perlu membuatnya menjadi masker kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air hangat.

5. Kopi.

Gunakan jenis kopi original yang belum dicampur dengan gula untuk dijadikan sebagai scrub, pastikan wajah Anda telah benar-benar bersih sebelum menggunakan scrub tersebut.

Selain beberapa bahan alami di atas, sebenarnya masih ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan komedo yang terdapat di wajah terlebih lagu di area hidung. Selain harganya terjangkau, bahan alami di atas umumnya juga sudah dijual luas di pasaran, sehingga Anda dapat menemukannya dengan mudah. Anda juga tidak perlu khawatir karena semua langkah tersebut aman tanpa menimbulkan efek samping apapun.