Rabu, 14 Agustus 2019

Tips Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula dengan Mudah dan Cepat

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang hampir dipelajari oleh masyarakat di seluruh dunia. Untuk bisa berbaur dan berkomunikasi dengan masyarakat dunia, kemampuan bahasa Inggris menjadi salah satu kuncinya. Sayangnya tak sedikit sekali masyarakat yang belum menguasai bahasa asing ini. Padahal di era globalisasi ini, persaingan di dunia bisnis maupun dunia kerja semakin ketat sejak adanya perdagangan bebas. 

Dengan perdagangan bebas ini, jangan kaget jika banyak perusahaan asing yang berdiri di Indonesia dan semakin bebas juga pekerja asing untuk masuk di perusahaan tersebut. Sehingga jika tidak mau tertinggal, menguasai bahasa Inggris menjadi satu hal cara agar tidak kalah dalam persaingan.

Bagi Anda yang belum mahir bahasa Inggris, jangan berkecil hati. Karena belum ada kata terlambat untuk mengupgrade kemampuan bahasa Inggris Anda, bahkan jika masih dalam level pemula sekalipun. Asalkan Anda memiliki niat dan komitmen untuk belajar dengan sungguh-sungguh, tidak ada kata terlambat untuk memulai. 

Sama seperti membuat CV di awal-awal memasuki dunia kerja, pastinya Anda belum begitu jago membuat CV yang bisa menarik pihak perusahaan yang dilamar. Begitu juga dalam bahasa Inggris, tak apa jika Anda masih banyak kekurangan disana-sini. Namun dengan belajar dan berlatih sungguh-sungguh, pastinya tidak akan menghianati hasil.

Untuk tingkatan beginner bahasa Inggris, tentu perlu proses dan waktu belajar yang tidak singkat agar bisa menguasai dengan baik. Namun berikut ini ada beberapa tips agar Anda bisa mudah dan cepat dalam belajar bahasa Inggris, yaitu:

1. Mulai dari materi yang paling dasar terlebih dahulu.

2. Jangan hanya menghapalkan kosakata saja.

3. Mempelajari grammar.

4. Belajar listening atau mendengarkan dengan cara menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle, mendengarkan musik berbahasa Inggris, dlsb.

5. Belajar reading atau membaca dengan cara membaca berita atau buku berbahasa Inggris, dlsb.

6. Latihan writing atau menulis dalam bahasa Inggris.

7. Latihan speaking atau berbicara bahasa Inggris dengan membiasakan dalam kehidupan sehari-hari.

8. Memahami tujuan belajar bahasa Inggris agar semakin termotivasi dalam belajar.

9. Belajar bahasa Inggris dari ahlinya, bisa lewat teman yang jago bahasa Inggris atau melalui lembaga kursus bahasa Inggris yang terpercaya, seperti English First (EF) contohnya.