Kamis, 27 Juni 2019

Strategi Meningkatkan Penjualan

Strategi Meningkatkan Penjualan

Persaingan tiap produsen dalam masa sekarang ini semakin ketat. Para produsen dari berbagai macam produk, barang maupun jasa semakin berlomba-lomba untuk memasarkan hasil karya mereka. Semakin bertambahnya jumlah produsen makin bertambah pula jenis barang atau jasa yang ditawarkan pada calon konsumen. Para konsumen yang makin aktif dan pintar dalam memilih barang menjadi salah satu hal penting yang harus di perhatikan oleh semua produsen. 

Berbagai macam cara dilakukan para produsen agar meningkatkan jumlah penjualan produk atau jasa mereka. Para pekerja dalam bidang marketing pun dituntut untuk semakin maju dalam membuat cara untuk memasarkan barang, produk atau jasa dari produsen. Kemampuan sebagai seorang marketing akan diuji dalam pengiklanan suatu produk. Hal- hal penting yang juga harus diperhatikan seorang produsen atau pekerja marketing adalah mangsa pasar yang akan menjadi prioritas utama pengiklanan mereka. 

Penyampaian yang tepat, target yang jelas dan kemampuan para pekerja marketing yang mumpuni akan menambah kemudahan bagi produsen dalam memasarkan produk mereka. Tidak sedikit produsen yang gagal dalam memasarkan produk atau jasa yang mereka miliki. Kegagalan tersebut dapat dipicu dari banyak hal. Banyak faktor yang mendasari kegagalan tersebut, sedikit diantaranya adalah pengiklanan yang tidak tepat sasaran. 

Media pemasaran yang tidak menarik hingga konten yang disajikan tidak sesuai dengan keadaan barang atau jasa yang sedang di pasarkan. Untuk itu di perlukan Integrated Marketing Communication karena Masyarakat yang menjadi lebih kritis merupakan masalah yang cukup besar harus dapat di handle oleh seorang pekerja marketing. Untuk menunjang pengiklanan atau pemasaran yang baik diperlukan beberapa strategi agar pemasaran berjalan sukses. 

Pada era yang semakin canggih ini teknik pemasaran dapat berbagai macam bentuknya. Dimulai dari yang paling sering dilihat adalah pengiklanan pada televisi atau media cetak. Pemasaran dalam model seperti ini sudah sangat umum digunakan untuk menarik minat beli dari masyarakat akan tetapi hal seperti ini pun pada masa sekarang kurang mendapat respon positif karena pemasaran dengan cara tersebut mulai kurang menjual. 

Strategi yang dapat dilakukan untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan antara lain adalah tentukan konsumen. Menentukan konsumen dalam hal ini adalah sasaran konsumen dari kalangan apa yang akan menjadi target utama dalam penjualan barang atau jasa dari produsen tertentu. Penentuan target konsumen ini akan mempengaruhi cara dalam pemasaran suatu produk. 

Proses pemasaran akan disesuaikan dengan keadaan dari calon konsumen sendiri sehingga penjualan akan tepat sasaran. Setelah menentukan target calon konsumen produsen dan pekerja marketing harus menentukan cara paling efektif untuk memasarkan produk mereka. Usia, status sosial dan kemampuan dari calon konsumen juga berperan penting pada proses pemasaran suatu produk. 

Selanjutnya, memilih media yang digunakan dalam proses pemasaran. Media yang tepat akan membuat proses pemasaran menjadi sukses. Salah satu media yang sekarang sedang diminati adalah proses pemasaran melalui media online. Akses internet yang tidak terbatas akan sangat memungkinkan setiap kalangan masyarakat melihat dan tertarik dengan produkk tersebut. Pada era digital seperti sekarang ini media pemasaran yang digunakan semakin beraneka ragam. 

Walau pada dasarnya pengiklan pada televisi atau media cetak masih tinggi akan tetapi pengeluaran yang digunakan untuk hal tersebut juga cukup besar. Untuk perusahaan yang masih dalam skala sedang pengiklanan yang hemat dan tepat sasaran akan menjadi salah satu hal yang harus di lakukan. Salah satu alternatif pengiklanan yang terbilang sukses adalah penggunaan media sosial. Hampir seluruh masyarakat memiliki akun media sosial seperti facebook, twitter, instagram, blog maupun media sosial lain. 

Pengiklanan menggunakan jejaring sosial ini lebih hemat dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Untuk target konsumen kalangan muda pemasaran dengan media jejaring sosial akan lebih menguntungkan dibanding pemasaran dengan menggunakan media cetak atau radio. Kaum muda milenial yang selalu mengikuti perkembangan zaman membuat metode ini sangat efektif dan tepat sasaran. 

Masyarakat yang tidak pernah lepas dari gadget pintar mereka membuat teknik ini akan dapat dengan mudah menyebar melalui media sosial. Konten unik yang disajikan oleh para pekerja marketing akan membuat lebih banyak calon konsumen yang tertarik untuk membeli barang atau jasa dari suatu produsen.