Sabtu, 22 Juni 2019


Motor Baru 2019 yang Akan Dirilis oleh Yamaha

Yamaha Nmax menjadi motor matic yang paling banyak diminati saat ini. Namun nampaknya Yamaha tidak berhenti berinovasi. Yamaha berencana merilis Motor Baru 2019 ini, yang bernama Yamaha FreeGo. Motor ini diklaim akan menandingi Yamaha Nmax, seperti apa bentuk dan teknologi yang diberikan Yamaha, berikut pembahasannya.

Varian Yamaha FreeGo

Motor ini akan dijual dengan tiga varian, yaitu FreeGo Basis/standar, FreeGo S dan FreeGo S ABS. Varian FreeGo S dan FreeGo S ABS sudah dilengkapi dengan fitur terbaru dari Yamaha yaitu smart key. Dimana Anda tidak membutuhkan kunci seperti pada motor lainnya. FreeGo S ABS memiliki kelebihan, yaitu fitur Antilock Break System pada rida depan.

Fitur dan Teknologi

Bukan Tanpa Alasan Yamaha FreeGo ini diklaim akan menggeser kakanya, Nmax. Berbagai fitur yang melimpah tertanam dalam motor ini. Mulai dari bagian lampu, untuk lampu utama sudah menggunakan lampu jenis terbaru yaitu LED. Namun untuk lampu senja, lampu lainnya masih menggunakan bohlam. Desain lampu dengan ornament kroom menciptakan kesan mewah.

Bagian speedometer sudah full digital, seperti motor keluaran Yamaha sebelumnya dengan latar biru. Speed meter berukuran besar bisa terlihat jelas di tengah speedometer dengan beberapa informasi lain seperti adometer, trip meter dan teganga aki. Berbagai lampu indicakator seperti sein, keyless, check engine, high beam dan ABS, disematkan pada kanan dan kiri speedometer.

Perbedaan paling mencolok dari motor baru 2019 besutan Yamaha ini adalah pada bagian bawah setang. Dimana kebanyakan motor matic memiliki konsol untuk botol minum, pada Freego sisinya kirinya digunakan sebagai tempat bahan bakar. Posisi ini sangat membantu saat hendak mengisi BBM.

Tangkinya sendiri berada di bawah bagian pijakan kaki dengan kapasitas 4,2 liter. Ta perlu khawatir masalah keamanan karena sudah dilengkapi dengan protector sehingga tidak akan bocor atau rusak saat terjadi benturan. Dibagian kanan terdapat power outlet, yang digunakan untuk mengisi daya gawai Anda.

Bagasi yang ditawarkan sangat luas, yaitu 25 liter. Bagasi ini cukup luas untuk meletakan banyak barang sebagai penganti konsol yg umum terdapat pada bagian depan. Selain itu terdapat pula teknologi Antilock Break System atau ABS, dimana ketika melakukan pengereman mendadak dijalan yang basah resiko slip dapat diminimalisir.

Performa

Fitur dan teknologi yang lengkap, tidak serta-merta performa mesi dikesampingkan. Yamaha FreeGo dilengkapi dengan mesin terbaru 125 cc Blue Core berpendingin udara dengan piston 52,4 mm dan stroke 57,4 mm. Serta sudah memiliki Smart Motor Generator (SMG) sebagai pengganti dynamo konvensional, guna meredam suara.

Tenaga mesin FreeGo maksimal adalah 9,3 dk di 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm di 5.500 rpm. Hal ini menyebabkan pembukaan gas yang responsif dan tenaga yang merata mulai dari bawah hingga atas, sehingga saat ingin meningkatkan kecepatan bisa lebih cepat tanpa kehilangan momen tenaga.

Akselerasinya juga tidak perlu diragukan, Yamaha FreeGo bisa mencapai kecepatan 60 km/jam dalam waktu 6,7 detik dan 80 km/jam dalam waktu 12,3 detik. Nilain ini terbilangsangat baik untuk kendaraan sekelasnya. Kecepatan maksmial sendiri mampu mencapai angka 100,9 km/jam.

Masalah konsumsi bahan bakar, Anda tidak perlu khawatir, karena Yamaha FreeGo cukup hemat bahan bakar. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan dengan hasil yang bervariasi, didapatkan rata-rata konsumsi bahan bakar 41,3 km/liter menggunakan BBM RON 92.

Itulah beberapa ulasan untuk motor baru 2019 dari Yamaha.  Anda bisa mendapat kan Yamaha FreeGo di dealer resmi Yamaha dengan harga OTR (Jakarta) Rp 18.805.000,- untuk tipe basic, Rp 20.325.000,- untuk S version dan Rp 22.840.000,- untuk S version ABS. semoga pembahasan di atas bermanfaat dan bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.