Rabu, 19 Juni 2019

Inilah 5 Cara Mendapatkan Kredit Mobil Murah

Dalam membeli mobil banyak hal yang perlu menjadi perhatian, salah satunya adalah dalam memilih kredit mobil murah. Hal ini diharapkan agar selain membeli mobil dengan cara kredit juga akan mendapatkan harga yang lebih murah sehingga tidak terlalu memberatkan dalam pembayaran kedepannya.

Memilih kredit murah memang gampang-gampang susah. Gampang karena dalam satu waktu mungkin akan kita dapati banyak penawaran dengan harga yang murah. Namun disisi lain hal yang dianggap susah adalah kedepannya yang harus dibayarkan apakah sesuai dengan harapan dan jaminan serta kelengkapan administrasi yang akan didapatkan.

Mendapatkan Kredit Mobil Murah

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah ambil keputusan sebelum mengambil dan menyetujui kredit yang ditawarkan suatu perusahaan. Beberapa hal tersebut diantaranya :

1. Jenis mobil yang dicari

Sebelum melihat-lihat tawaran kredit mobil baru sebaiknya harus sudah pasti dan mantap akan membeli mobil dengan jenis tertentu dan kebutuhan yang akan terpenuhi ketika membelinya.

Hal ini bisa saja terjadi manakala belum mantap secara pasti mobil yang akan dibeli dan kemudian melihat adanya penawaran kredit murah langsung tergiur bahkan pada mobil yang sebenarnya juga bisa menggantikan fungsi mobil idaman namun fungsinya tersebut kurang maksimal.

Sehingga harus cermat dalam memilih dan memilah hal ini agar tidak salah ambil dan mendapati kekecewaan ujung-ujungnya.

2. Sesuaikan dengan keuangan

Meskipun dengan sistem kredit dengan harga yang murah sekalipun tetap saja perlu mempertimbangkan keuangan yang kita miliki karena ini berkaitan dengan pembayaran yang akan kita lakukan dan tanggung jawab diri sendiri. Hal ini semata-mata untuk menghindari adanya kredit macet sewaktu-waktu yang bisa saja terjadi.

3. DP (Down Payment)

Meskipun sistem kredit tetap saja harus memperhatikan besaran DP yang harus dibayar agar kedepannya jumlah cicilan per bulannya tidak terlalu memberatkan. Karena tidak ada yang tahu kebutuhan manusia kedepannya dapat saja menuntut pengeluaran yang lebih sedikit atau bahkan lebih banyak dari hari ini.

Sehingga perlu disiapkan saja setidaknya 25% dari harga mobil tersebut untuk tanda jadi di muka dan sah dalam melakukan pembelian sistem kredit.

Selain itu untuk tenor pembayaran sendiri ada baiknya memilih yang berjangka panjang jika ingin lebih ringan namun dengan konsekuensi jika jumlah setiap bayaran dikalikan rentang waktu bisa jadi besarannya terlampau mahal dari harga aslinya.

Atau jika ingin cepat selesai pembayarannya bisa memilih tenor pendek dengan besaran yang harus dibayar lebih besar. Itu semua dapat disesuaikan dengan kemampuan keuangan kita.

4. Jaminan

Tidak semua perusahaan yang menawarkan kredit mobil murah juga memberikan jaminan yang bagus kepada kita selaku pembeli. Maka dari itu, carilah informasi sebanyak-banyaknya sebelum  menyetujui perjanjian kredit dan sebisa mungkin lakukanlah negosiasi.

5. Kelengkapan administrasi dan pengurusan

Selain jaminan ataupun asuransi, hal yang sebenarnya terpenting adalah terkait dengan kelengkapan administrasinya dan model pengurusannya apakah akan dipersulit atau tidak.

Karena bisa saja terjadi ketika pembayaran sudah lunas terselesaikan, kelengkapan administrasi dalam hal ini surat-surat kendaraan masih belum bisa didapatkan dengan mudah dan cuma-cuma. Sehingga di sini harus jeli dan teliti dalam memperjanjikan hal tersebut.


Beberapa hal di atas sebaiknya diperhatikan sebelum mengambil kredit karena saat ini banyak yang menawarkan kredit mobil murah namun untuk kedepannya terkait kelengkapan administrasi, pembayaran, hingga jaminan yang diberikan masih menjadi kendala karena disebabkan berbagai hal. Untuk itu agar tidak mudah tergiur dengan tawaran yang kita sendiri belum mengetahui secara mendalam hal tersebut.