Kamis, 10 Januari 2019

Sering Nunggak Kartu Kredit? Waspada, Ini yang Bakal Terjadi

Kemudahan dan fasilitas yang ada pada kartu kredit sering kali disalahgunakan oleh penggunanya. Tak sedikit yang menggunakan kartu kredit untuk menunjang gaya hidup, seperti belanja, hangout, pesta, bahkan liburan mewah tanpa memikirkan kemampuan finansial yang sesungguhnya.

Jika diteruskan, kebiasaan ini dapat membahayakan kesehatan keuangan Anda di hari tua nanti. Setelah menggunakan kartu kredit, ingatlah bahwa Anda punya kewajiban untuk melunasi semua transaksi yang sudah terjadi.

Jika tagihan dibiarkan menunggak, inilah dampak buruk yang akan Anda rasakan. Jadi, jangan lagi abaikan tunggakan kartu kredit bila tak ingin begini.
  •  Bunga Tagihan Makin Tinggi

Suku bunga kartu kredit jauh lebih tinggi daripada suku bunga pinjaman di koperasi. Beban bunganya saja antara 2-2,5 persen per bulan. Nah, jika dalam setahun, tentu Anda harus membayar bunga yang mencapai sekitar 20 persen.

Jadi, bunga kredit yang Anda bayarkan per bulan akan semakin besar jika terlambat membayar tagihan kartu kredit atau selalu membayar jumlah minimum saja. Sebab sisa bunga pada bulan lalu akan ditagihkan pada bulan berikutnya, begitu seterusnya.

Kalau hal ini terjadi, gaji Anda akan kedodoran untuk membayar bunga saja, belum lagi ditambah cicilan pokoknya. Maka dari itu, bayarlah tagihan kartu kredit secara tertib.
 
  • Utang Semakin Menumpuk

Utang akan menumpuk jika tidak segera dibayarkan. Kondisi ini akan mengganggu kesehatan finansial, bahkan menjadi beban pikiran bagi diri sendiri. Daripada sakit karena stres memikirkan utang, sebaiknya bayar kewajiban tepat pada waktunya.

Jika tidak mampu membayar secara sekaligus, coba cicil sedikit demi sedikit hingga lunas. Dan hindari menambah utang baru lagi sebelum utang yang lama terselesaikan.

Hindari juga menambahkan pos-pos pengeluaran baru agar kondisi finansial Anda tidak hancur untuk kedua kalinya. Gunakan kartu kredit secara cermat guna mendapatkan manfaat yang maksimal.
  • Performa Kredit Menurun

Baik buruknya performa pinjaman bisa dinilai dari tertib tidaknya Anda membayar tagihan kartu kredit. Jika Anda membayar tagihan secara tertib, maka performa kredit menjadi baik. Sebaliknya, apabila pembayaran sering tertunda, maka performa kredit menurun.

Performa kredit akan berpengaruh pada pengajuan pinjaman di masa mendatang. Apabila performa kredit terus menurun, bank berhak menolak pinjaman yang Anda ajukan. Hal ini berlaku untuk semua bank, jadi perhatikan baik-baik, ya!
 
  • Kartu Kredit Diblokir dan Diblacklist

Jika kredit macet terus-menerus terjadi, kartu kredit milik tidak hanya diblokir oleh bank penerbit, tapi juga di-blacklist oleh pusat yaitu Bank Indonesia. Itu artinya kartu kredit tidak akan bisa digunakan sampai kapan pun.

Kalaupun ingin mengajukan kartu kredit baru, pengajuan Anda pasti ditolak karena bank akan mengungkit masalah kredit macet yang pernah terjadi sebelumnya.

Oleh karena itu, Anda harus betul-betul bertanggung jawab atas kartu kredit yang dimiliki. Kalau memang tidak sanggup membayar, hindari kebiasaan belanja dalam jumlah yang berlebih demi menghemat pengeluaran.