Kamis, 11 Januari 2018

Mengapa Mudah Muncul Bau Mulut pada Kita? Ini Alasannya

Masalah bau mulut merupakan salah satu hal yang biasa dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bisa membuat kamu menjadi enggan untuk berkomunikasi dengan orang lain dan bahkan menjadi minder.


Bakteri yang muncul pada mulut ini merupakan hal yang menyebabkan munculnya bau mulut. Hadirnya bakteri ini menyebabkan mulut menjadi bau ketika bernapas atau berbicara.

"Halitosis atau bau mulut disebabkan oleh bakteri anaerob yang berada di permukaan lidah dan tenggorokan. Bakteri ini kemudian akan membuat senyawa sulfur yang bau saat bersinggungan dengan protein makanan yang kamu konsumsi," ungkap penelitian tersebut.

"Senyawa-senyawa sulfur ini kemudian dibawa ke paru-paru dan dikeluarkan melalui napas sehingga terjadi bau mulut," sambung penelitian tersebut.

Munculnya bau mulut atau halistosis ini bisa disebabkan karena konsumsi sejumlah makanan dan minuman tersebut. Makanan ini kemudian berubah menjadi mikroorganisme yang menimbulkan bau mulut ini.

"Jutaan orang diketahui menderita halitosis, terutama jika mereka mengonsumsi makanan yang tinggi zat sulfur seperti bawang putih atau kubis. Saat mereka tidak membersihkan mulut dengan benar, potongan makanan akan berubah menjadi mikroorganisme yang semakin memperburuk bau mulut," terang penelitian ini.

"Selain jarang membersihkan mulut, mengonsumsi minuman beralkohol serta merokok akan semakin memperparah bau mulut yang ada," sambungnya.

Penelitian ini juga mengatakan bahwa ada penyebab lain dari munculnya bau mulut seperti kekurangan vitamin B atau seng, diet, maupun puasa. Pasalnya, saat kamu sedang diet atau puasa, konsumsi air menjadi berkurang.

Adanya air sendiri berfungsi untuk membersihkan makanan penyebab bau mulut dan merangsang produksi air liur yang berkontribusi untuk mengurangi bau mulut juga. Ketiadaan dan kekurangan air ini menjadi salah satu penyebab mulut menjadi bau.