Kamis, 07 Maret 2019


Ini Sejumlah Bahan Makanan dan Minuman Penyebab Munculnya Dehidrasi


Masalah dehidrasi biasanya muncul akibat kekurangan minum yang kamu alami. Namun masalah ini juga bisa ditimbulkan oleh makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

Sejumlah bahan makanan dan minuman ini memiliki kandungan di dalamnya yang menyebabkan munculnya dehidrasi. Dilansir dari Huffington Post, berikut sejumlah bahan makanan dan minuman yang mampu menyebabkan dehidrasi.
  • Alkohol

Meskipun alkohol bentuknya cair, namun konsumsi minuman ini justru membuat dehidrasi. Sebab alkohol bersifat menyusut, sehingga menghabiskan banyak cairan dalam tubuh, sampai akhirnya menimbulkan dehidrasi.
  • Protein

Protein memang ampuh menahan rasa lapar dan teman terbaik bagi pelaku diet. Namun ternyata kebanyakan protein juga bisa bikin dehidrasi. Pasalnya tubuh membutuhkan banyak air untuk mengusir kandungan nitrogen pada protein. Jika mengonsumsi banyak protein, jangan lupa juga untuk minum banyak air.
  • Suplemen Herbal

Banyak suplemen herbal yang beredar untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Namun efek sampingnya adalah membuat pengonsumsi bolak-balik buang air kecil. Akibatnya, tubuh kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi.
  • Asparagus

Sama seperti suplemen herbal, makan asparagus berlebihan juga membuat urine banyak dikeluarkan. Sehingga jika tidak diimbangi dengan asupan air putih yang banyak, tubuh bisa menderita dehidrasi.

Berbagai bahan makanan tersebut bisa memicu munculnya dehidrasi. Walau begitu, kamu tak perlu menghindarinya secara total dan cukup membatasi konsumsinya saja.